Desa Wonokerto

Hari Libur Nasional

Isra Mikraj Nabi Muhammad

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Selamat Datang di Website Desa Wonokerto Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo | Pelayanan Setiap Hari Senin s/d Kamis Pukul 08.00 s/d 15.00 WIB dan Hari Jumat Pukul : 08.00 s/d 11.00 WIB

Berita Desa

URAIAN POSYANDU

 

    1. Pengertian Posyandu
      • Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu, bayi, dan balita.

        UKBM adalah wahana pemberdayaan masyarakat, yang dibentuk atas dasar kebutuhan masyarakat, dikelola oleh, dari, untuk dan bersama masyarakat, dengan bimbingan dari petugas Puskesmas, lintas sektor, dan lembaga terkait lainnya.

        Pemberdayaan masyarakat adalah segala upaya fasilitasi yang bersifat non-instruktif, guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat, agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi, potensi yang dimiliki, merencanakan dan melakukan pemecahannya dengan memanfaatkan potensi setempat.

    2. Sasaran Posyandu
      • Sasaran Posyandu adalah seluruh masyarakat, terutama:
        1. Bayi
        2. Anak balita
        3. Ibu hamil, ibu nifas, dan ibu menyusui
        4. Pasangan usia subur (PUS)
    3. Fungsi Posyandu
      • Sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dalam alih informasi dan keterampilan dari petugas kepada masyarakat dan antar sesama masyarakat dalam rangka mempercepat penurunan AKI, AKB, dan AKBA.

        Sebagai wadah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dasar, terutama berkaitan dengan penurunan AKI, AKB, dan AKBA.

    4. Manfaat Posyandu
      • Bagi Masyarakat
        1. Memperoleh kemudahan untuk men dapatkan informasi dan pelayanan kesehatan dasar, terutama berkaitan dengan pe nurunan AKI, AKB, dan AKBA.
        2. Memperoleh layanan secara profesional dalam pemecahan masalah kesehatan terutama terkait kesehatan ibu, bayi, dan balita.
        3. Efisiensi dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dasar terpadu dan pelayanan sosial dasar sektor lain terkait.
      • Bagi Kader dan Tokoh Maysrakat
        1. Mendapatkan informasi terlebih dahulu tentang upaya kesehatan yang terkait dengan penurunan AKI, AKB, dan AKBA.
        2. Dapat mewujudkan aktualisasi dirinya dalam membantu masyarakat menyelesaikan masalah kesehatan terkait dengan pe nurunan AKI, AKB, dan AKBA.
      • Bagi Puskesmas
        1. Optimalisasi fungsi Puskesmas sebagai pusat penggerak pembangunan ber wawasan kesehatan, pusat pemberdayaan masyarakat, pusat pelayanan kesehatan perorangan primer, dan pusat pelayanan kesehatan masyarakat primer.
        2. Dapat lebih spesifik membantu masyarakat dalam pemecahan masalah kesehatan sesuai kondisi setempat.
        3. Mendekatkan akses pelayanan kesehatan dasar pada masyarakat.
      • Bagi Sektor Lain
        1. Dapat lebih spesifik membantu masyarakat dalam pemecahan masalah kesehatan dan sosial dasar lainnya, terutama yang terkait dengan upaya penurunan AKI, AKB, dan AKBA sesuai kondisi setempat.
        2. Meningkatkan efisiensi melalui pemberian pelayanan secara terpadu sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing sektor.
    5. Pengorganisasian Posyandu
      • Struktur Organisasi
        • Struktur organisasi Posyandu ditetapkan oleh musyawarah masyarakat pada saat pembentukan Posyandu.

          Struktur organisasi minimal terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara serta kader Posyandu yang me rangkap sebagai anggota.

          Struktur organisasi bersifat fleksibel sehingga dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, kondisi, permasalahan, dan kemampuan sumber daya.

      • Pengelola Posyandu
        • Pengelola Posyandu adalah unsur masyarakat, lembaga kemasyarakatan, organisasi ke masyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, lembaga mitra pemerintah, dan dunia usaha yang dipilih, bersedia, mampu, dan memiliki waktu dan kepedulian terhadap pelayanan sosial dasar masyarakat di Posyandu. 

          Kriteria pengelola Posyandu antara lain:

          1. sukarelawan dan tokoh masyarakat setempat,
          2. memiliki semangat pengabdian, ber inisiatif tinggi dan mampu memotivasi masyarakat,
          3. bersedia bekerja secara sukarela bersama masyarakat.
      • Kader Posyandu
        • Kader Posyandu adalah anggota masyarakat yang bersedia, mampu, dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan Posyandu secara sukarela.
    6. Pembentukan Posyandu
      • Pembentukan Posyandu bersifat fleksibel, dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, permasalahan dan kemampuan sumber daya.
    7. Tingkat Perkembangan Posyandu (Status Posyandu)
      • Tingkat perkembangan Posyandu (Status Posyandu) dibedakan atas 4 tingkat sebagai berikut.
          1. Posyandu pratama adalah Posyandu yang belum mantap, yang ditandai oleh kegiatan bulanan Posyandu belum terlaksana secara rutin serta jumlah kader sangat terbatas yakni kurang dari 5 (lima) orang.
          2. Posyandu madya adalah Posyandu yang sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun, dengan rata-rata jumlah kader sebanyak lima orang atau lebih, tetapi cakupan kelima kegiatan utamanya masih rendah, yaitu kurang dari 50%.
          3. Posyandu purnama adalah Posyandu yang sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun, dengan rata-rata jumlah kader sebanyak lima orang atau lebih, cakupan kelima kegiatan utamanya lebih dari 50%, mampu menyelenggarakan program tambahan, serta telah memperoleh sumber pembiayaan dari dana sehat yang dikelola oleh masyarakat yang pesertanya masih terbatas yakni kurang dari 50% KK di wilayah kerja Posyandu.
          4. Posyandu mandiri adalah Posyandu yang sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun, dengan rata-rata jumlah kader sebanyak lima orang atau lebih, cakupan kelima kegiatan utamanya lebih dari 50%, mampu menyelenggarakan program tambahan, serta telah memperoleh sumber pembiayaan dari dana sehat yang dikelola oleh masyarakat yang pesertanya lebih dari 50% KK yang bertempat tinggal di wilayah kerja Posyandu

 

KEGIATAN POSYANDU

 

Kegiatan Posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan/pilihan. Secara garis besar, kegiatan Posyandu adalah sebagai berikut.

  1. Kegiatan Utama
    • Kesehatan ibu dan anak (KIA)
        1. Pelayanan untuk ibu hamil
        2. Pelayanan untuk ibu nifas dan menyusui 
        3. Pelayanan untuk bayi dan balita
    • Keluarga berencana (KB)
      • Pelayanan KB di Posyandu yang dapat diberikan oleh kader adalah pemberian kondom dan pemberian pil ulangan. Jika ada tenaga kesehatan Puskesmas, dapat dilakukan pelayanan suntikan KB dan konseling KB.
    • Imunisasi
      • Pelayanan imunisasi di Posyandu hanya dilaksanakan oleh petugas Puskesmas. Jenis imunisasi yang diberikan disesuaikan dengan program terhadap bayi dan ibu hamil.
    • Gizi
      • Pelayanan gizi di Posyandu adalah sebagai berikut.

        1. Penimbangan berat badan.
        2. Deteksi dini gangguan pertumbuhan.
        3. Penyuluhan dan konseling gizi.
        4. Pemberian makanan tambahan (PMT) lokal.
        5. Suplementasi kapsul vitamin A dan tablet Fe.
    • Pencegahan dan Penanggulangan Diare
      • Pencegahan diare di Posyandu dilakukan dengan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) 

        Penanggulangan diare dilakukan dengan pemberian oralit. Apabila diperlukan penanganan lebih lanjut, akan diberikan obat Zinc oleh petugas kesehatan.

  2. Kegiatan Pengembangan
    • Penambahan kegiatan baru sebaiknya dilakukan apabila 5 kegiatan utama telah dilaksanakan dengan baik dalam arti cakupannya di atas 50%, serta tersedia sumber daya yang mendukung.

 

PENYELENGGARAAN POSYANDU

 

  1. Waktu Penyelenggaraan
    • Posyandu buka satu kali dalam sebulan. Hari dan waktu yang dipilih, sesuai dengan hasil kesepakatan. Apabila diperlukan, hari buka Posyandu dapat lebih dari satu kali dalam sebulan.
  2. Tempat Penyelenggaraan
    • Tempat penyelenggaraan kegiatan Posyandu sebaiknya berada pada lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Tempat penyelenggaraan tersebut dapat di salah satu rumah warga, halaman rumah, balai desa/kelurahan, balai dusun dll
  3. Penyelenggaraan Kegiatan
    • Kegiatan rutin Posyandu diselenggarakan dan digerakkan oleh kader Posyandu dengan bimbingan teknis dari Puskesmas dan sektor terkait. 

      Pada saat penyelenggaraan Posyandu minimal jumlah kader adalah 5 (lima) orang. Jumlah ini sesuai dengan jumlah langkah yang dilaksanakan oleh Posyandu, yakni yang mengacu pada sistem 5 langkah. 

      Kegiatan yang dilaksanakan pada setiap langkah serta para penanggung jawab pelaksanaannya secara sederhana dapat diuraikan sebagai berikut.

  4. Para pelaksana Posyandu
    • Terselenggaranya pelayanan Posyandu melibatkan banyak pihak.

      1. Kader
      2. Petugas Puskesmas
      3. Stakeholder (unsur pembina dan penggerak terkait)
  5. Pendanaan Posyandu
    • Sumber Dana
      1. Masyarakat.
      2. Swasta/dunia usaha.
      3. Hasil usaha.
      4. Pemerintah Desa (APBDes)
      5. Sumber lain yang dapat dipertanggungjawabkan.
    • Pemanfaatan dan pengelolaan dana
      1. Biaya operasional Posyandu.
      2. Biaya penyediaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).
      3. Pengganti biaya perjalanan kader.
      4. Modal usaha KUB.
      5. Bantuan biaya rujukan bagi yang mem butuhkan.
    • Pengelolaan dana
      1. Dilakukan oleh pengurus Posyandu.
      2. Dana disimpan di tempat yang aman dan jika mungkin mendatangkan hasil.
      3. Untuk keperluan biaya rutin disediakan kas kecil yang dipegang oleh kader yang ditunjuk.
      4. Setiap pemasukan dan pengeluaran harus dicatat dan dikelola secara bertanggung jawab.
  6. Pencatatan dan Pelaporan
    • Pencatatan dilakukan oleh kader segera setelah kegiatan dilaksanakan. Pencatatan di lakukan dengan menggunakan format baku sesuai dengan program kesehatan, Sistem Informasi Posyandu (SIP).
    • Pada dasarnya, kader Posyandu tidak wajib melaporkan kegiatannya kepada Puskesmas ataupun kepada sektor terkait lainnya. Untuk itu, setiap Puskesmas harus menunjuk petugas yang bertanggung jawab untuk mengambil copy data hasil kegiatan Posyandu.

 

Untuk melihat daftar Kader Posyandu dapat klik tombol dibawah ini:

Kiriman Komentar

Beri Komentar

CAPTCHA Image

Desa

1.295

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI1.295penduduk

1.253

PEREMPUAN

PEREMPUAN1.253penduduk

2.548

TOTAL

TOTAL2.548penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Desa

Kepala Desa

DENY SETYA WIBOWO, S.Pd.

Tidak Di Kantor

Sekretaris Desa

KHOMAT

Tidak Di Kantor

Kepala Urusan Keuangan

KHORIANSAH, S.T.

Tidak Di Kantor

Kepala Urusan Umum dan Perencanaan

MAHFUD, A.Md.Kom.

Tidak Di Kantor

Kepala Seksi Kesejahteraan

SAKIYO

Tidak Di Kantor

Kepala Seksi Pemerintahan

FARIZAL SETIADI

Tidak Di Kantor

Kepala Dusun

RONY SETYAWAN

Tidak Di Kantor

Tenaga Bantu

SUBAGYO

Tidak Di Kantor

Tenaga Bantu

KRISPIAN AGUSTINA PURWANTI, S.M.

Tidak Di Kantor

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

1

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

3

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

0

Surat

Bulan Ini

14

Surat

Bulan Lalu

21

Surat

Tahun Ini

14

Surat

Tahun Lalu

348

Surat

Total

1,631

Surat

Statistik Pengunjung
Hari ini : 91
Kemarin : 1.336
Total Pengunjung : 314.170
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 18.97.9.169
Browser : Tidak ditemukan
Prakiraan Cuaca
Gagal menampilkan data.

Sumber : BMKG | Tema DeNava

INFO GEMPA BUMI TERBARU
18-01-2025 jam 15:37:45
Shakemap
0.05 LU ; 126.68 BT
Magnitude 4.8
Kedalaman 21 km
Pusat gempa berada di laut 109 km barat daya Tidore
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat
Dirasakan III Ternate
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 11:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Statistik Pengunjung
Hari ini : 91
Kemarin : 1.336
Total Pengunjung : 314.170
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 18.97.9.169
Browser : Tidak ditemukan
Prakiraan Cuaca
Gagal menampilkan data.

Sumber : BMKG | Tema DeNava

INFO GEMPA BUMI TERBARU
18-01-2025 jam 15:37:45
Shakemap
0.05 LU ; 126.68 BT
Magnitude 4.8
Kedalaman 21 km
Pusat gempa berada di laut 109 km barat daya Tidore
Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat
Dirasakan III Ternate
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 11:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

Transparansi Anggaran

APBDesa 2025 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 1.471.059.000,00

0%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 1.461.109.144,00

0%

Pembiayaan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. -9.949.856,00

0%

APBDesa 2025 Pendapatan

Hasil Usaha Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 5.000.000,00

0%

Hasil Aset Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 3.000.000,00

0%

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 1.061.025.000,00

0%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 52.922.000,00

0%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 348.312.000,00

0%

Bunga Bank

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 800.000,00

0%

APBDesa 2025 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 538.841.612,00

0%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 602.145.000,00

0%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 65.158.400,00

0%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 229.678.000,00

0%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 25.286.132,00

0%
Pemerintah Desa

DENY SETYA WIBOWO, S.Pd.

Kepala Desa


Tidak Di Kantor

KHOMAT

Sekretaris Desa
Tidak Di Kantor

KHORIANSAH, S.T.

Kepala Urusan Keuangan
Tidak Di Kantor

MAHFUD, A.Md.Kom.

Kepala Urusan Umum dan Perencanaan
Tidak Di Kantor

SAKIYO

Kepala Seksi Kesejahteraan
Tidak Di Kantor

FARIZAL SETIADI

Kepala Seksi Pemerintahan
Tidak Di Kantor

RONY SETYAWAN

Kepala Dusun
Tidak Di Kantor

SUBAGYO

Tenaga Bantu
Tidak Di Kantor

KRISPIAN AGUSTINA PURWANTI, S.M.

Tenaga Bantu
Tidak Di Kantor